Transmisi CVT Pada Mobil, Kapan Waktu Yang Tepat Menggantinya Secara Total?

Mesti Baca

JAKARTA – Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada mobil memainkan peran penting dalam kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar.

Namun, seperti halnya komponen mekanis lainnya, transmisi ini juga memiliki usia pakai yang bergantung pada perawatan dan kondisi penggunaan mobil.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti transmisi CVT secara total, terutama jika mobil sudah digunakan dalam jangka waktu lama atau menempuh jarak jauh.

Menurut Lung Lung, pemilik bengkel Dokter Mobil, penggantian CVT sebaiknya dipertimbangkan ketika terdapat tanda-tanda penurunan performa yang serius, seperti getaran berlebih saat akselerasi atau bunyi berisik dari kompartemen transmisi.

“Banyak orang menunggu sampai belt CVT putus untuk mengganti, padahal lebih baik mengganti sebelum kerusakan parah terjadi,” kata Lung Lung kepada Kompas.com, Kamis (3/10/2024).

Lung Lung menambahkan bahwa tidak ada patokan pasti dalam hal jarak tempuh atau tahun pemakaian untuk mengganti CVT, karena hal tersebut sangat bergantung pada kondisi pemakaian dan perawatan.

“Ada yang baru perlu ganti setelah 70.000 kilometer, ada juga yang sampai 160.000 kilometer masih baik-baik saja, tergantung bagaimana perawatannya,” jelasnya.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk melakukan pemeriksaan berkala dan tidak mengabaikan tanda-tanda awal kerusakan CVT.

*Sumber: Kompas.com

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading