KPU Sibolga Gelar Deklarasi Kampanye Damai Menuju Pilkada Serentak 2024

Mesti Baca

SIBOLGA, Waspadanews.tv – Setelah laksanakan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan Calon Wali Kota, KPU Sibolga lanjutkan tahapan dengan menggelar Deklarasi Kampanye Damai menuju Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Selasa (24/9/2024), di Gedung Nasional Kota Sibolga.

Ketua KPU Kota Sibolga, Afwan Nasution saat membuka acara mengatakan bahwa menuju tanggal 27 November 2024 yang akan dilangsungkan Pilkada Sibolga hanya tinggal sekitar 63 hari lagi, maka diminta kepada empat Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga yakni, nomor 1 Pentas, nomor 2 Faham, nomor 3 Romantis dan nomor 4 Messi, diharapkan dalam masa kampanye dapat mematuhi aturan yang berlaku.

“Inilah nantinya pemimpin Kota Sibolga untuk 5 tahun kedepan. Tahapan pilkada ini, akan ada kampanye yang diantaranya akan ada debat kandidat, penyebaran APK, oleh karena itu, kami berharap agar seluruh paslon dapat mematuhi aturan kampanye yang telah ditetapkan,” ujar Afwan.

Afwan meyakini, dengan kesepakatan penandatangan komitmen deklarasi kampanye damai tersebut maka akan terwujud Pilkada yang umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

“Harapan kita semua, Pilkada Sibolga ini dapat berjalan aman tertib dan kondusif,” sebutnya.

Ketua Bawaslu Kota Sibolga, Salmon Tambunan dalam sambutannya mengapresiasi atas kinerja KPU Sibolga terlebih pada kegiatan Deklarasi Kampanye Damai tersebut berlangsung sangat meriah.

“Saya ucapkan apresiasi yang tinggi untuk KPU Sibolga yang telah merangkai kegiatan ini semeriah ini. Jadi jika keempat paslon ini sudah berkomitmen untuk Pilkada damai, kita yakin Pilkada ini pasti aman damai dan kondusif. Kalau aturan yang telah dibuat KPU dijalankan, saya yakin pilkada ini akan berjalan aman, damai dan kondusif. Sebenarnya kampanye itu adalah upaya untuk meyakinkan masyarakat untuk memilih dirinya sesuai visi misi yang dibuatnya. Mari kita patuhi PKPU 13, 14 yang telah dibuat oleh KPU,” ucap Salmon.

Usai sambutan itu, kegiatan dilanjutkan dengan pernyataan Deklarasi kampanye Damai oleh empat Paslon, partai pengusul dan tim pemenangan, dilanjutkan dengan penanda tanganan deklarasi damai, foto bersama dan penyerahan piagam ucapan terima kasih kepada partai – partai pengusul atas partisipasinya dalam pelaksanaan kampanye damai pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2024 yang diserahkan oleh KPU Sibolga.

Sementara itu, Kapolres Sibolga dalam sambutannya yang disampaikan Kabag Ops Polres Sibolga, Kompol Arifin Tampubolon menegaskan bahwa kegiatan Deklarasi Kampanye Damai tersebut bukanlah kegiatan seremoni semata.

“Kita harus berkomitmen untuk dapat melaksanakannya, Jangan hanya seremonial saja, mari sama – sama kita tanggungjawab untuk dilaksanakan. Pemilu damai yang kita idam – idamkan harus bisa kita laksanakan dengan baik, agar orang melihat bahwa Kota Sibolga melaksanakan pilkada yang aman, damai dan kondusif,” ucapnya.

Saat acara empat Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga berserta undangan lainnya disuguhi dengan penampilan tarian tradisional dari berbagai budaya sebagaimana warga Kota Sibolga yang merupakan negeri berbilang kaum, perekat antar umat beragama dan tetap rukun hingga saat ini.(Cipta Karya)

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading