Radio Taiso Salah Satu Rahasia Yang Membuat Orang Jepang Panjang Umur

Mesti Baca

Waspadanews.tv – Masyarakat di Jepang terkenal memiliki umur yang panjang. Bahkan di Kepulauan Okinawa, tak sedikit penduduknya yang bisa hidup hingga usia 100 tahun atau lebih.

Inilah yang menjadikan Okinawa sebagai salah satu ‘Blue Zone’ yaitu kawasan yang warganya memiliki angka harapan hidup di atas rata-rata dan umur yang panjang.

Praktik gaya hidup sehat merupakan salah satu kunci utama yang membuat masyarakat Jepang bisa berumur panjang. Selain dengan menjaga pola makan, faktor lain yang turut berkontribusi adalah olahraga.

Dikutip dari CNBC, penulis buku “Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life, Hector Garcia dan Francesc Miralles” dalam bukunya mengungkapkan penduduk di Okinawa gemar melakukan aktivitas fisik dalam bentuk radio taiso.

Apa Itu Radio Taiso?

Radio taiso, yang diterjemahkan menjadi ‘latihan radio’, dinamakan demikian lantaran instruksi latihan tersebut disiarkan lewat radio pada 1929. Hingga saat ini, radio taiso masih mengudara di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK Radio 1, setiap pukul 6.30.

Gerakan ini berintensitas rendah dan mudah untuk dilakukan, hanya butuh waktu 5 menit.

“Penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan sedikitnya 5 menit setiap hari untuk (melakukan) radio taiso, beberapa dari mereka melakukannya dari kursi roda,” tutur Garcia dan Miralles.

Garcia dan Miralles menjelaskan salah satu tujuan radio taiso adalah untuk mempromosikan semangat persatuan di antara peserta. Radio taiso umumnya dilakukan secara berkelompok sebelum belajar di sekolah atau bekerja.

Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik adalah dengan mengangkat tangan ke atas kepala, lalu menurunkannya dengan gerakan memutar.

“Itu mungkin terdengar sederhana, tetapi di kehidupan modern kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari tanpa mengangkat tangan di atas telinga,” terang Garcia dan Miralles.

Selain radio taiso, lansia di Jepang juga kerap melakukan latihan tai chi dan yoga.

*Sumber: detikHealth

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading