Minum Kopi Hitam, Manfaatnya Bisa Tingkatkan Daya Ingat Dan Cegah Kanker

Mesti Baca

Waspadanews.tv – Kopi hitam merupkan salah satu jenis kopi yang banyak dikonsumsi, terutama di pagi hari setelah bangun tidur.

Alasan mengapa orang-orang minum kopi di pagi hari lantaran kopi dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan fungsi mental.

Dikutip dari Times of India, minum kopi hitam saat perut kosong dapat membantu penyerapan nutrisi tertentu, terutama yang bermanfaat saat tidak ada makanan di dalam lambung.

Selain itu, kopi hitam juga memiliki antioksidan yang kuat termasuk mangan, magnesium, kalium, vitamin B2, B3, dan B5, yang dapat membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu.

Lantas, apa saja manfaat minum kopi hitam setiap pagi?

Manfaat minum kopi hitam setiap pagi

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut beberapa manfaat minum kopi hitam setiap hari bagi kesehatan:

  1. Menurunkan berat badan

Kopi hitam merupakan minuman bebas kalori yang dapat membantu menjaga berat badan tetap sehat.

Dikutip dari Healthline, manfaat ini didapatkan karena kopi mengandung tinggi kafein, yang dapat mempercepat metabolisme, meningkatkan energi, dan mengurangi nafsu makan.

  1. Meningkatkan suasana hati

Minum kopi hitam di pagi hari dapat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati.

Sebab kopi memiliki senaywa yang dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan pelepasan “zat kimia bahagia” seperti norepinefrin dan dopamin.

Pada akhirnya, kondisi tersebut membuat seseorang merasa ceria dan senang.

Selain itu, kopi juga memiliki manfaat sebagai antidepresan karena dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak, yang mengurangi perasaan depresi termasuk melankolis, kesedihan, dan kesepian.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Sejumlah penelitian menunjukkan, minum kopi hitam dapat secara efektif mengurangi risiko terkena diabetes.

Tubuh dapat memproduksi lebih banyak insulin sebagai respons terhadap kopi, yang dapat membantu mengendalikan kadar glukosa darah.

  1. Meningkatkan daya ingat

Minum kopi hitam secara rutin di pagi hari dapat meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan seseorang.

Selain itu, kopi hitam dapat meredakan gangguan terkait daya ingat termasuk penyakit alzheimer, demensia, dan penyakit parkinson yang umumnya terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

  1. Membantu menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ penting yang menjaga kesehatan tubuh. Kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah dapat diturunkan dengan bantuan kopi hitam.

Menurut penelitian, kopi dapat membantu menurunkan kejadian hepatitis, sirosis hati, penyakit hati berlemak, dan kanker hati.

  1. Mengurangi risiko kanker

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker tertentu, seperti kanker hati, usus besar, dan payudara. Kopi memiliki sifat antiperadangan.

Manfaat kopi dalam mengurangi risiko kanker dikaitkan dengan keberadaan antioksidan polifenol dan zat anti-inflamasi, termasuk kafein, kafestol, kahweol, dan asam klorogenat.

*Sumber Kompas.com “6 Manfaat Minum Kopi Hitam, Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Kanker”.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading