Akhirnya Sony Menghadirkan PS5 Pro Mulai Dijual 7 November Dan Kisaran Harganya

Mesti Baca

Waspadanews.tv – Sony akhirnya mengumumkan kehadiran konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro). Konsol ini diumumkan dalam acara “Technical Presentation” yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube PlayStation pada Selasa (10/9/2024) pukul 22.00 WIB.

PS5 Pro dibekali desain casing/cangkang motif rongga dengan tiga garis hitam, yang seakan memotong bagian tengah PS5 model biasa. Garis hitam yang tak ada di PS5 dan PS5 Slim ini terdapat di bagian cangkang depan dan belakang PS5.

Selain rongga garis hitam ini, desain PS5 Pro, begitu juga dimensinya, masih mirip seperti PS5 reguler. Cangkang PS5 Pro juga bisa dilepas pasang dan digonta-ganti seperti PS5 biasa.

Harga PS5 Pro

PS5 Pro akan bisa dipesan mulai 26 September 2024 mendatang di sejumlah wilayah. Harga PS5 Pro saat peluncuran global adalah 700 dollar AS (sekitar Rp 10,8 juta).

Gamer akan mendapatkan controller DualSense reguler dan game Astro Playroom yang sudah terpasang di konsol.

Konsol PS5 Pro akan mulai dijual pada 7 November mendatang di sejumlah mitra Sony di beberapa negara.

Belum ada informasi kapan Indonesia kebagian PS5 Pro. Namun, ketersediaan konsol PlayStation di Tanah Air biasanya hanya beda beberapa bulan setelah dirilis di pasar global.

Beda PS5 Pro dan PS5 reguler Lead Architect PS5, Mark Cerny mengatakan, PS5 Pro dan PS5 punya performa yang berbeda. Di PS5 Pro, Sony PlayStation memperbarui komponen hardware dengan tiga aspek utama, yaitu GPU, Advanced Ray Tracing, dan teknik upscaling gambar yang menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

“PS5 Pro memiliki pengolah grafis (GPU) yang lebih besar, pemrosesan efek cahaya mumpuni alias ray tracing yang diperbarui, serta kemampuan AI yang ditingkatkan untuk menggenjot performa upscaling,” kata Mark dalam acara virtual yang digelar Sony PlayStation.

Lebih lanjut, Mark mengeklaim GPU PS5 Pro lebih besar dari PS5 model biasa dengan jumlah compute units (CUs) mencapai 67 unit, meningkat dari 36 CUs di PS5 reguler.

Peningkatan jumlah CUs ini membuat RAM di PS5 Pro 28 persen lebih cepat, dan konsol ini juga diklaim dapat mengolah visual 45 persen lebih ngebut dibanding PS5 biasa.

“Peningkatan juga ada di kemampuan ray tracing yang kini tiga kali lebih cepat dari PS5, serta kemampuan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kemampuan upscaling khas Sony PlayStation, yaitu PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR),” imbuh Mark.

“Dengan tiga aspek peningkatan ini, kami yakin PS5 Pro bisa menghadirkan pengalaman game yang maksimal, berkat performa konsol yang lebih mumpuni dibanding PS5 model biasa,” imbuh Mark.

Selain tiga peningkatan di atas, PS5 Pro juga dibekali dengan sejumlah fitur pendukung lainnya untuk menciptakan pengalaman game yang lebih baik dari PS5 reguler.

Beberapa di antaranya mencakup dukungan peningkatan kualitas gambar untuk game PS4, WiFi 7, VRR, gaming dengan resolusi 8K, storage 2 TB, serta berbagai dukungan aksesori PS5 yang sudah ada macam DualSense Edge, PlayStation Portal, Pulse Elite, dan masih banyak lagi.

**Sumber Kompas.com “Ini Harga Konsol Game Sony PS5 Pro, Mulai Dijual 7 November”.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading