Berikut Ciri-ciri Dan Penyebab Komplikasi Diabetes Pada Kaki

Mesti Baca

Waspadanews.tv – Diabetes adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi dan memberi sinyal pada pankreas untuk melepaskan insulin.

Glukosa atau gula darah berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Kemudian hormon insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel Anda untuk memberi energi.

Saat Anda menderita diabetes, tubuh tidak akan menghasilkan cukup insulin, tidak menghasilkan sama sekali, atau tidak menggunakan insulin dengan benar.

Pada diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik.

Tanpa insulin yang cukup, glukosa atau gula darah tetap berada dalam darah Anda dan tidak dapat mencapai sel.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit lainnya. Salah satunya adalah foot problems atau komplikasi diabetes yang terjadi pada kaki.

Komplikasi diabetes pada kaki

Komplikasi diabetes pada kaki adalah kondisi yang mengacu pada lesi yang terlihat pada penderita diabetes di daerah lutut dan di bawahnya.

Masalah tersebut bisa berhubungan dengan nyeri, gangguan sensorik, kulit kering, timbulnya kapalan, atau luka dan bisul.

Menurut Asosiasi Diabetes UK, masalah pada kaki akibat diabetes serius berisiko menyebabkan amputasi jika tidak diobati.

Komplikasi diabetes pada kaki atau foot problems, disebabkan oleh kerusakan saraf dan berkurangnya aliran darah ke kaki Anda.

Kerusakan saraf dapat memengaruhi sensasi di kaki Anda dan kadar gula darah yang tinggi dapat merusak sirkulasi, sehingga memperlambat penyembuhan luka dan lecet.

Sering kali kondisinya menjadi rumit oleh infeksi lokal yang parah dan mengarah pada timbulnya gangren, bisa berujung pada amputasi jika tidak diobati.

Itulah mengapa penting untuk memberi tahu dokter umum jika Anda melihat adanya perubahan pada tampilan atau rasa kaki Anda.

Komplikasi diabetes lainnya

Diabetes merupakan penyakit yang berdampak buruk pada fungsi hampir setiap organ tubuh manusia dalam jangka panjang.

Dikutip dari laman Mediline Plus NIH, berikut adalah sejumlah masalah kesehatan lainnya yang dapat ditimbulkan oleh diabetes:

  • Penyakit mata (retinopati diabetik), disebabkan oleh perubahan kadar cairan, pembengkakan jaringan, dan kerusakan pembuluh darah di mata.
  • Masalah kaki, disebabkan oleh kerusakan saraf dan berkurangnya aliran darah ke kaki Anda.
  • Penyakit gusi dan masalah gigi lainnya, karena kadar gula darah yang tinggi dalam air liur membuat bakteri berbahaya tumbuh di mulut.
  • Penyakit jantung dan stroke, disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung dan pembuluh darah.
  • Penyakit ginjal (nefropati diabetik), akibat kerusakan pembuluh darah di ginjal. Banyak penderita diabetes mengalami tekanan darah tinggi, yang juga dapat merusak ginjal.
  • Masalah saraf (neuropati diabetik), disebabkan oleh kerusakan saraf dan pembuluh darah kecil yang memasok oksigen dan nutrisi ke saraf.
  • Masalah seksual dan kandung kemih, disebabkan oleh kerusakan saraf dan berkurangnya aliran darah di alat kelamin dan kandung kemih.
  • Kondisi kulit, beberapa di antaranya disebabkan oleh perubahan pada pembuluh darah kecil dan berkurangnya sirkulasi. Orang dengan diabetes juga lebih mungkin mengalami infeksi, termasuk infeksi kulit.

Selain itu, penderita diabetes perlu mewaspadai kadar gula darah yang sangat tinggi (hiperglikemia) atau sangat rendah (hipoglikemia).

Hal ini dapat terjadi dengan cepat dan dapat menjadi berbahaya. Beberapa penyebabnya termasuk memiliki penyakit atau infeksi lain dan obat-obatan tertentu.

***Sumber Kompas.com “Komplikasi Diabetes pada Kaki, Kenali Ciri-ciri dan Penyebabnya Berikut Ini”.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading