Perbukitan Hutan Lindung Di Kawasan Danau Toba Kembali Terbakar

Mesti Baca

Samosir, Waspadanews.tv – Perbukitan hutan lindung di kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kembali terbakar.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa kebakaran ini bahkan terjadi di enam desa melanda tiga kecamatan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Diduga sejak Minggu sore, perbukitan hutan lindung di kawasan Danau Toba ini kembali terbakar, bahkan kebakaran pun terjadi di enam desa melanda tiga kecamatan sekaligus, diantaranya Desa Huta Gurgur, Desa Ginolat dan Desa Hasinggahan di Kecamatan Sianjur Mula–mula.

Berikutnya kebakaran juga terjadi di Desa Tamba di Siparmahan Kecamatan Sitio–tio, lalu kebakaran juga terjadi di Desa Turpuk Limbong dan Desa Boho di Kecamatan Harian, seperti di Desa Hasinggahan, Kecamatan Sianjur Mula–mula, sejak petang hari kobaran api telah membakar perbukitan kawasan hutan lindung Simahor.

Disertai angin yang kencang, kobaran api kian menjalar di perbukitan Simahor, sementara di Kecamatan Harian Desa Boho, Dusun Satu Parpasir, kobaran api yang kian membesar akibat angin kencang telah membakar semak belukar di perbukitan hutan lindung sejak pukul 6.00 sore.

Semak belukar yang kering akibat musim kemarau panjang, membuat kobaran api yang kian membesar tersebut nyaris turun kejalan, mengancam keselamatan pengendara pengguna jalan.

Kobaran api juga nyaris membakar satu unit pemakaman atau tugu milik warga marga Sihole, yang berada di dekat lokasi kebakaran, juga mengancam pipa saluran air bersih milik warga Desa Boho.

Sementara petugas Kehutanan Unit 19 Pangururan dari UPDT KPH 13 Dolok Sanggul, bersama perangkat Desa Boho, Kecamatan Harian, terus terlihat bersiaga memantau kobaran api.

Oloan Sihole Sekretaris Desa Boho, Kecamatan Harian mengatakan, perbukitan hutan lindung di Desa Boho, Dusun Satu Parpasir, telah terbakar api sejak pukul 6.00 sore, yang diketahui oleh Kepala Dusun Satu.

Kebakaran perbukitan juga mengancam keselamatan tugu dan pipa saluran air bersih milik warga Desa Boho.

Penyebab kebakaran yang terjadi di enam desa hingga melanda tiga kecamatan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, belum diketahui.

***(Prengki Silitonga)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading