Beberapa Jenis Sayur Yang Mengandung Tinggi Gula, Bagi Penderita Diabetes Membatasi Asupannya

Mesti Baca

Waspadanews.tv – Sayuran mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga memiliki kandungan gula alami. Dan beberapa jenis sayur mengandung lebih banyak gula dibandingkan yang lain.

Kandungan gula tersebut biasanya penting diperhatikan penderita diabetes yang harus memantau asupan gulanya. Sehingga mereka perlu membatasi porsi sayuran tinggi gula yang dikonsumsi.

Namun, sayuran dengan kandungan gula yang lebih tinggi bukan berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali oleh penderita diabetes.

Anda hanya perlu mengonsumsi secukupnya dengan porsi yang telah disesuaikan. Sebab, sayuran-sayuran tersebut juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang mengandung tinggi gula:

1. Wortel

Dilansir dari laman Self Magazine, wortel menjadi salah satu sayuran yang cukup populer karena sangat menyehatkan. Ia tergolong yang mengandung tinggi gula dibanding sayuran lainnya.

Satu wortel mentah berukuran sedang mengandung hampir 5 gram gula dan 31 kalori, atau per 100 gram sajian, wortel mengandung lebih dari 3,8 gram gula.

2. Kentang

Kentang termasuk sayuran bertepung yang meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Meski sering kali tanaman ini tidak dimanfaatkan sebagai sayuran.

Diketahui, satu buah kentang panggang ukuran sedang (156 gram) tanpa kulit, mengandung 2,7 gram gula dan 145 kalori.

3. Bit

Bit termasuk sayuran dalam keluarga umbi-umbian karena tumbuh di dalam tanah. Namun, tanaman ini sering disebut sebagai buah bit.

Bit memiliki daging berwarna merah, mirip seperti buah naga. Dalam setengah cangkir bit rebus mengandung hampir 7 gram gula.

4. Buncis

Polong dan buncis secara teknis adalah kacang-kacangan yang juga dapat digolongkan ke dalam kategori sayuran.

Buncis itu baik bagi kesehatan dan juga penuh serat, namun setengah cangkir mengandung sekitar 3,9 gram gula dan 135 kalori.

5. Cabai

Dikutip dari laman Live Strong, kandungan vitamin C pada cabai menyediakan lebih dari 400 persen dari nilai harian per 100 gram sajian.

Namun, sajian paprika tersebut juga mengandung 5 gram gula. Cabai kuning, oranye, dan merah terasa manis, tetapi hanya mengandung 2,4 gram gula.

6. Bawang bombay

Kandungan gula dalam bawang bombay berkisar antara hampir 4 gram hingga lebih dari 5 gram gula.

Green tops (4.95 gram) dan sweet onions (5 gram) termasuk jenis bawang yang sebaiknya digunakan dalam jumlah sedang karena kandungan gulanya yang tinggi.

7. Jagung

Sayuran bertepung, termasuk jagung, labu dan kentang, dapat meningkatkan kadar gula darah lebih banyak daripada sayuran nontepung.

Jika Anda menghitung karbohidrat atau menderita diabetes, berhati-hatilah karena jagung mengandung lebih banyak gula daripada sayuran berdaun hijau, yang mengandung lebih banyak air.

***Sumber Kompas.com “7 Jenis Sayur yang Tinggi Kandungan Gula, Sebaiknya Dibatasi Penderita Diabetes”.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading