BI Sibolga Gelar Training Of Tranier (TOT)

Mesti Baca

Guru Edukator CBP, Disdik Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Bakal Masuk kurikulum pendidikan.

Sibolga, Waspadanews.tv – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sibolga menggelar Training of Tranier (TOT) Guru Edukator Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah 2024, di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga, pada Senin (8/7/2024).

ToT yang dibuka oleh Deputi Kepala KPw BI Sibolga, Suwarha Warno Wirapermana, berlangsung dari tanggal 8-9 Juli 2024, serta diperuntukkan bagi guru tingkat SMP sederajat se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

ToT tersebut sejalan dengan launching masuknya CBP kedalam Alur Tujuan Pembelajaran (Kurikulum) di Jenjang SMP sederajat se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, yang digagas oleh BI dan Dinas Pendidikan Sibolga dan Tapteng sejak tahun 2023.

Deputi Kepala KPw BI Sibolga, Suwarha Warno Wirapermana mengatakan, ToT Guru Edukator CBP Rupiah 2024 tersebut dilaksanakan sejalan dengan tugas dan fungsi BI sebagai bank sentral dalam aspek pengelolaan uang Rupiah.

Pengelolaan uang Rupiah tersebut dalam rangka mendukung tujuan BI untuk mencapai dan menjaga stabilitas nilai Rupiah.

BI bertanggungjawab atas ketersediaan uang Rupiah disetiap Wilayah Kesatuan Republik Indonesia dengan jumlah yang cukup, dengan jenis pecahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berkualitas dan layak edar.

Deputi Kepala KPw BI Sibolga Suwarha Warno Wirapermana, “Guna mencapai misi tersebut, BI perlu melakukan kerjasama dengan semua elemen bangsa, termasuk dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Suwarha Warno Wirapermana, seraya menjelaskan bahwa guru menjadi stakeholder penting di dunia pendidikan untuk mengejawantahkan misi tersebut

“Guru merupakan salah satu elemen bangsa di garda terdepan yang memainkan peran yang sangat penting untuk mengajak masyarakat Indonesia turut mengikuti kampanye Cinta, Bangga dan Paham Rupiah,” ungkapnya.

Secara spesifik Suwarha Warno menjelaskan bahwa CBP Rupiah bukan slogan semata namun memiliki nilai tersendiri yang perlu dipahami oleh para pelajar di Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Cinta Rupiah, kata Suwarha Warno, merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain uang Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, dan menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu.

Sedangkan Bangga Rupiah, merupakan kemampuan masyarakat memahami Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, simbol kedaulatan NKRI dan alat pemersatu bangsa.

Dan untuk Paham Rupiah, diartikan sebagai kemampuan masyarakat dalam memahami peran Rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai kemampuan.

“Cinta, Bangga dan Paham Rupiah ini dapat disederhanakan menjadi tiga cinta, bangga dan paham Rupiah yaitu ; Cinta dengan mengenali, merawat daan menjaganya. Bangga dalam bertransaksi, berbelanja dan berhemat serta Paham Rupiah sebagai simbol kedaulatan, pembayaran yang sah dan alat pemersatu bangsa,” paparnya.

Masih kata Suwarha Warno Wirapermana, untuk mendukung kampanye CBP Rupiah 2024 tersebut maka sinergi BI Sibolga dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan dengan Integrasi CBP Rupiah dalam mata pelajar IPS maupun mata pelajaran lainnya yang berhubungan dengan uang Rupiah pada jenjang SMP.

“Upaya untuk mengintegrasikan kampanye CBP Rupiah kedalam kurikulum pendidikan telah kita gagas bersama sejak tahun lalu. Dan akhirnya hari ini kita dapat bersama-sama melakukan launcing masuknya CBP kedalam Alur Tujuan Pembelajaran (kurikulum) di jenjang SMP di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah,” pungkasnya

BI Sibolga pun berterimakasih atas dukungan Dinas Pendidikan Sibolga dan Tapanuli Tengah. Menurutnya OPD dari dua negeri serumpun tersebut memiliki komitmen yang luar biasa hingga program yang digagas sejak tahun 2023 tersebut bisa terealisasi.

“Teirmakasih serta apresiasi kami kepada Dinas Pendidikan Kota Sibolga dan Kab. Tapanuli Tengah, atas terjalinnya sinergi dan komitmen bersama yang luar biasa. Lebih jauh kami berharap dengan integrasi CBP kedalam alur tujuan pendidikan di jenjang SMP, maka anak didik kita sebagai generasi penerus bangsa akan mencintai, bangga dan paham terhadap Rupiah yang memiliki simbol kedaulatan bangsa berupa gambar pahlawan dan garuda Pancasila,” ujarnya

***(Cipta Karya)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading