BI Optimalkan Penerapan ETPD, Pemkab Tapteng Launching Sistem Pembayaran Digital

Mesti Baca

Sibolga, Waspadanews.tv – Mendorong percepatan optimalisasi penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Bank Indonesia (BI) Sibolga dan Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) Melauncing sistem pembayaran digital untuk 6 mata pajak, di Graha Nauli Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sibolga, pada Selasa (25/6/2024).

Launching yang dirangkai dengan kegiatan High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) tersebut dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Tapteng Sugeng Riyanta, Plt. KPw BI Sibolga Surya Alamsyah, pimpinan perbankan, pelaku usaha serta sejumlah pimpinan OPD terkait.

Pada HLM TP2DD tersebut dijelaskan bahwa 6 mata pajak yang sistem pembayarannya akan mulai dilakukan secara digital adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak parkir dan pajak sarang burung walet.

6 mata pajak restribusi Kab. Tapteng tersebut dapat dibayarkan melalui kanal digital seperti Sumut Mobile, Tokopedia, Blibli maupun ATM.

Pj. Bupati Tapteng Sugeng Riyanta menyebut penerapan ETPD pada jenis pendapatan daerah seperti pajak dan retribusi adalah untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam melakukan pembayaran.

Sugeng mengakui, penerapan ETPD di Tapteng belum berjalan maksimal. Hal ini dipicu oleh ulah sejumlah oknum perangkat daerah yang justru belum memanfaatkan serta mengimplementasikan ETPD di wilayah kerjanya.

“Maka kita akan dorong terus agar OPD penghasil pajak dan restribusi daerah saling bersinergi dan berkolaborasi dalam penggunaan kanal digital ini,” ucap Sugeng.

Masih kata Sugeng. Pengoptimalan ETPD bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di daerah. Selain itu untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi pada anggaran setiap dinas.

“Jadi yang namanya pungli, karcis retribusi bodong atau tidak resmi sebagaimana temuan BPK beberapa hari lalu tidak akan terjadi lagi,” papar Sugeng.

Wakajati Jawa Tengah ini pun mengapresiasi TP2DD atas kinerjanya dalam mendorong ETPD di Kab. Tapteng. Ia berharap Pemkab dan masyarakat Tapteng dapat segera beradaptasi dengan perkembangan yang ada sehingga tetap relevan dengan zaman yang terus berubah.

“Saya menyambut baik peran dan dukungan BI Sibolga dalam membantu digitalisasi di Pemkab Tapteng. Dan saya instruksikan kepada seluruh OPD agar dapat melaksanakan rekomendasi HLM TP2DD yang disampaikan BI Sibolga dengan maksimal,” pungkasnya.

***(Cipta Karya)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading