Menikmati Indahnya Panorama Wisata Sungai Kualuh

Mesti Baca

LABURA – Sepekan lebaran ribuan warga memenuhi alur Sungai Kualuh di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, mereka datang untuk menikmati indahnya panorama alam Pantai Sungai Kualuh.

Ribuan warga dari berbagai pelosok daerah di Provinsi Sumatera Utara, Riau serta Aceh memenuhi alur Sungai Kualuh di Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, mereka yang berkunjung tak lain hanya untuk membawa keluarga mereka menikmati kesejukan dan ke indahan panorama alam alur Pantai Sungai Kualuh dengan menaiki perahu sampan boat.

Hanya dengan merogoh kocek Rp. 10.000 per orang untuk membeli karcis, para pengunjung ini sudah bisa berkeliling ke hulu dan he hilir sungai dengan menaiki perahu sampan boat bersama keluarga mereka sepanjang sepuluh kilo meter.

Wisata air yang digelar setiap tahun ini, dilaksanakan dalam rangka sepekan lebaran dan sudah merupakan warisan budaya serta tradisi oleh masyarakat Kualuh yang bermukim disepanjang bantaran sungai ini.

Tradisi warisan budaya leluhur wisata air Sungai Kualuh yang sudah berlangsung 65 tahun berturut-turut ini, juga sudah menjadi objek wisata tahunan yang juga diisi dengan berbagai hiburan rakyat serta perlombaan.

Bagi pengunjung yang berminat juga diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai perlombaan, seperti lomba renang dengan cara melompat dari atas jembatan dan lomba tangkap itik di tengah sungai serta lomba dayung sampan.

Menurut Eni Rizni salah seorang pengunjung, mereka datang bersama temannya menaiki perahu sampan boat untuk menikmati indahnya panorama alam Pantai Sungai Kualuh serta pestival seni dan budaya lokal yang diperlombakan.

Untuk menghibur para pengunjung, panitia penyelenggara yang terdiri dari masyarakat setempat yang dikenal dengan keramahannya ini, mendatangkan artis ibu kota dan menyediakan berbagai macam hiburan serta perlombaan kesenian juga budaya daerah.

***(Sulaiman Sitorus)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading