Akibat Oknum Camat Memilih Tidak Sesuai DPT Labura Adakan PSU

Mesti Baca

Labura – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang digelar KPUD Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) masih tinggi, di 2 TPS di Kecamatan Aek Kuo dan Kualuh Leidong, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Sabtu (24/2/2024).

Hal ini terlihat di TPS 053 Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, tingginya antusias warga selaku pemilik hak suara datang ke 2 TPS untuk menyalurkan hak suaranya pada pemilu serentak ini.

Ketua KPUD Labura Adi Susanto menyebutkan, bahwa PSU ini merupakan tindak lanjut dari temuan Bawaslu Labura yang mendapati beberapa pemilih yang tidak terdaftar di DPT PS tersebut, selain di TPS 053 Desa Aek Korsik PSU juga digelar di TPS 011 Desa Teluk Pulai, Kecamatan Kualuh Hilir.


“Kita mendapat rekomendasi dari Bawaslu Labura dimana menurut kajian Bawaslu di 2 TPS tersebut, ada pemilih yang tidak semestinya bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS tersebut, sehingga harus dilakukan PSU,”.

Lebih lanjut, Ketua KPU Labura menuturkan, sebelumnya pada 14 Februari kemarin di TPS 053 oknum Camat beserta istri dan anaknya memberikan hak pilihnya, yang dimana secara domisili kependudukan bukan berada di TPS 053.


“Berdasarkan informasi yang bergerak, beliau merupakan pejabat kecamatan yang berposisi sebagai Camat, yang tidak menyalurkan hak suaranya di TPS dimana diri dan keluarganya terdaftar sebagai pemilih,” jelasnya.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Bernhard Leonardo Malau menyampaikan, bahwa Polres Labuhanbatu siap mengamankan PSU di Labuhanbatu Utara,
“Saat ini terdapat PSU di Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu di Kecamatan Aek Kuo dan Aek Ledong, untuk di Aek Ledong saya sudah perintahkan pengawas Kompol Edi Hutahuruk disana sedangkan disini saya pantau langsung,”.


“Untuk TPS 053 ini sedang berlangsung hingga pukul 13.00 wib, adapun keterlibatan personil di wilayah ini kami menebalkan dimana sudah ada disini personil yang sudah melaksanakan pengamanan, tetapi dengan diadakannya PSU ini maka kami menebalkan personil, disini kami menyiapkan personil 2 SST”.

Jumlah DPT TPS 053 berjumlah 191 dan 2 orang masuk daftar DPK, saat ini pelaksanaan PSU di 2 tempat berjalan dengan lancar dan antusias warga tetap tinggi.

***(Husin Mubarok)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading