Sungai Merbau Meluap Ratusan Rumah Terendam Banjir

Mesti Baca

LABURA – Hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara membuat Sungai Merbau meluap mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir, selain merendam rumah warga air juga memutus akses jalan kabupaten sepanjang 2 kilo meter.

Sedikitnya lima ratusan rumah warga di Kelurahan Merbau, Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara terendam banjir, peristiwa ini dikarenakan tingginya guyuran hujan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara akhir-akhir ini, membuat Sungai Merbau tidak mampu menahan besarnya debit air yang turun menuju dataran yang lebih rendah.

Ketinggian air di dataran rendah mencapai satu meter lebih sedangkan di dataran tinggi ketinggian air mencapai satu meter, yang mengakibatkan aktifitas warga yang terdampak banjir kini sudah lumpuh total.

Wilayah terparah yang terendam banjir adalah Lingkungan Dusun Simpang 4, Dusun Lobu Rampah dan Lingkungan 3 Kampung Jawa.

Sebagian warga kini masih memilih bertahan di rumah mereka sambil menunggu kondisi air apakah surut atau makin naik.

Selain merendam lima ratusan rumah warga, banjir ini juga merendam sarana pemerintah dan beberapa rumah ibadah serta memutus akses jalan kabupaten sepanjang 2 kilo meter.

Menurut Wahyu Deni Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD Labura, bahwa banjir ini disebabkan tingginya tingkat curah hujan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara belakangan ini dan diperparah oleh jebolnya tanggul Sungai Merbau sepanjang 5 meter.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun warga korban banjir luapan Sungai Merbau masih khawatir akan datangnya banjir susulan sebab tingkat curah hujan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara saat ini masih tinggi.

***(Sulaiman Sitorus)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading