Butut Tukar Sembako Untuk Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Mesti Baca

Labura – Perekonomian masyarakat di Labuhanbatu Utara, sumatera utara lemah, puluhan ibu-ibu kreatif tukar butut dengan sembako.

Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam persatuan kepala keluarga mendatangi salah satu perkampungan warga, yaitu Dusun Kampung Ayu, Kelurahan Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Mereka mengajak para emak-emak yang ada di dusun ini untuk mengumpulkan barang bekas dan limbah rumah tangga, untuk ditukar dengan berbagai macam bahan sembako seperti telur, beras, susu dan berbagai jenis bahan sembako lainnya.

Tidak hanya barang bekas atau limbah rumah tangga, ibu-ibu persatuan kepala keluarga ini juga menerima hasil tani masyarakat yang berbentuk sayur mayur sebagai barang penukar.

Kreatifitas dan kearifan lokal yang digagas oleh ibu-ibu persatuan kepala keluarga ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat pedesaan yang saat ini perekonomiannya sedang merosot.

Menurut seorang warga ibu Dewi, dalam kesempatan ini dirinya menukarkan berbagai macam barang bekas dan sayur mayur yang ditukar oleh ibu-ibu persatuan kepala keluarga yang datang ke dusun mereka dengan berbagai macam bahan sembako.

Koordinator persatuan kepala keluarga Ade Irma Suryani mengatakan, kegiatan ini digelar untuk membantu perekonomian warga, dimana pasar murah yang mereka prakarsai ini adalah tidak menggunakan mata uang, tapi barang butut yang telah ditimbang lalu dihitung dan dapat langsung ditukar setara dengan harga sembako atau kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau.

Warga Kabupaten Labuhanbatu Utara berharap kepada penggagas program sosial yang membantu perekonomian masyarakat ini bisa berlangsung secara berkesinambungan dan mampu menyentuh seluruh masyarakat desa yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

***(Sulaiman Sitorus)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading