Piramid Toba Yang Dirahasiakan Ada Di Kabupaten Humbahas

Mesti Baca

Humbahas-Waspadanews.tv- Piramid Toba yang disembunyikan lokasi keberadaanya selama satu tahun sesudah ditemukan, kini keberadaannya sudah diketahui beberapa wartawan, lokasi yang diduga jenis piramida tersebut berada di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Piramid Toba tersebut kini sudah dibersihkan lokasinya ketika viral di beberapa media nasional, nampak dari lokasi bahwa struktur piramid tidak sederhana, pasalnya banyak batu besar yang disusun dengan rapi hingga mencapai ketinggian seratus lima puluh meter, ukuran batu yang tersusun memiliki ukuran bervariasi pada level pertama memiliki tiga teras, teras pertama memiliki panjang tiga puluh meter dan lebar delapan meter, teras kedua memiliki panjang dua puluh lima meter dan lebar enam meter, teras ketiga memiliki panjang dua puluh meter dengan lebar lima meter dan di atas ada empat lesung yang sangat besar.

Tampak dari puncak piramid tersebut ada lembah Bakkara yang kini sudah menjadi perkampungan dan persawahan warga sekitar, namun untuk mencapai ke lokasi harus mendaki dengan jarak tempuh sekitar seratus lima puluh meter.

Menurut salah satu warga sekitar, bahwa itu namanya Leter A karena perbukitan tersebut berbentuk huruf A, namun sekarang dikatakan Piramid Toba karena sudah viral.

Bahwa sebelum sampai marga Banjarnahor ke lokasi tersebut, Piramid Toba itu sudah ada sebelumnya, dimana menurut keterangan dari orang nenek moyang mereka, bahwa piramid tersebut adalah tempat persembunyian ketika terjadi peperangan antara marga-marga Batak Toba yang lain dan lokasi tersebut sempat menjadi perkampungan marga Banjarnahor, dimana sebelumnya lembah Bakkara ini dulunya adalah Danau Toba sehingga marga Banjarnahor tinggal di bawah piramid tersebut.

Beberapa puluh tahun kemudian Danau Toba sudah surut, warga marga Banjarnahor turun ke lembah Bakkara dan membuat perkampungan yang baru dan lokasi piramid tersebut ditinggalkan.

—(Prengki Silitonga)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading