Serikat Tani Dan Mahasiswa Unjuk Rasa Di Kantor DPRD Dan Kantor Bupati Samosir

Mesti Baca

Samosir-waspadanews.tv- Dalam memperingati Hari Tani Nasional pada tanggal 24 September 2023 nanti, ratusan petani Serikat Petani Kabupaten Samosir dan mahasiswa unjuk rasa di Kantor DPRD dan Kantor Bupati Samosir, pada tanggal 21 September 2023 kemarin, dalam aksi tersebut para petani dan mahasiswa nyaris bentrok dengan pihak pemerintah, dimana para petani dan mahasiswa kecewa kepada Pemerintah Kabupaten Samosir.

Ratusan masa dari Aliansi Serikat Petani dan mahasiswa mendesak DPRD Kabupaten Samosir agar pemerintah daerah untuk segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda), tentang perlindungan dan pemberdayaan petani dan peraturan perlindungan masyarakat adat yang sebelumnya pernah disampaikan.

Ratusan masa juga membawa spanduk dengan rasa kekecewaan mereka terhadap Pemerintah Kabupaten Samosir, dalam aksi tersebut disambut oleh tiga anggota DPRD.

Dalam dialog DPRD dengan pimpinan aksi tidak ada titik temu, masa dengan pihak Satpol PP nyaris bentrok dan saling dorong.

Masa kembali melakukan aksinya di depan Kantor Bupati Samosir, mssa meminta kepada Bupati Samosir Vandiko Gultom untuk segera menemui para masa pendemo, namun dalam hal tersebut Bupati Samosir tidak berada di ruangannya.

Wakil Ketua DPRD Samosir Patas Maroha Sinaga, mengatakan bahwa mencapai tujuh puluh persen lahan pertanian di Kabupaten Samosir milik masyarakat petani, masuk dalam kawasan register dan hutan lindung dan perlu kajian agar penerbitan peraturan daerah berpihak kepada petani.

Koordinator aksi Iwan Fernando Samosir, mengakui bahwa belum pernah berhasil bertemu dengan Bupati Samosir untuk menerima permintaan masyarakat petani, meski telah tiga kali melakukan aksi di Kantor Bupati.

Masyarakat petani juga kecewa terhadap DPRD Samosir karena DPRD Samosir dinilai gagal paham undang-undang tentang perlindungan dan pemberdayaan petani, yakni turunan dari turunan dari Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 untuk diterbitkan menjadi Perda.

Sebelum masa membubarkan diri, masa meneriaki Bupati Samosir adalah pembohong. (Prengki Silitonga)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading