5 Orang Bersaudara Kandung Lumpuh Layu Sejak Balita

Mesti Baca

Simalungun – waspadanews.tv – Lima orang bersaudara kandung di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengalami penyakit lumpuh layu sejak usia tiga bulan, mereka tidak bisa beraktivitas sama sekali dan hanya dirawat ibu yang sudah lansia.

Dirumah inilah di Desa Pamatang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Suratmi (65) merawat empat orang putra kandungnya yang mengalami lumpuh layu sejak masih balita.

Ia memiliki lima orang putra namun seorang telah meninggal dunia yang juga mengalami sakit yang sama, keempat putranya tidak bisa beraktifitas sama sekali hanya bisa duduk di bangku kursi roda, berbaring di tempat tidur karena sedang demam dan tidak bisa berbicara.

Kapolres Simalungun bersama dokter kesehatan kemudian mendatangi kediaman Suratmi, bersama empat orang anaknya untuk diperiksa kesehatannya, tiga orang dalam kondisi sehat namun seorang yang demam harus mendapatkan bantuan obat-obatan.

Kapolres memberikan semangat dan penguatan karena Suratmi yang merawat sendiri keempat putranya, setelah suaminya meninggal dunia beberapa tahun yang lalu, Kapolres juga memberikan bantuan uang tunai, sembako dan akan berkonsultasi dengan dokter di Polda Sumatera Utara agar keempat anaknya yang lumpuh layu bisa ditangani secara medis.

Sukasih anak sulung dari Suratmi menjelaskan, mereka saudara kandung sebanyak delapan orang dengan lima orang laki-laki dan tiga orang perempuan namun seluruh saudara laki-lakinya mengalami sakit lumpuh layu sejak usia tiga bulan hingga saat ini, yang tertua berusia empat puluh empat tahun dan paling muda berusia tiga puluh tahun.

Ia tidak tahu apa penyebab sakit dari kelima saudara laki-lakinya tersebut, karena mereka bertiga perempuan dalam kondisi sehat hingga saat ini, ia yang tinggal tidak jauh dari kediaman ibunya sering berkunjung ke rumah ibunya untuk merawat keempat saudara laki-lakinya karena dua orang adiknya tinggal di Kota Medan dan Pematang Siantar.

Untuk biaya kehidupan sehari-hari mereka berasal dari bantuan sesama keluarga, pemerintah dan orang-orang yang peduli, untuk tempat tinggal kediaman yang ditempati ibu dan keempat saudara laki-lakinya merupakan bantuan pinjam pakai dari salah satu yayasan. (Prengki Silitonga)

Kunjungi Channel YouTube Waspada News Tv & mantan Wartawan Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading