Tradisi Sambut Bulan Suci Ramadhan Di Kabupaten Tapanuli Tengah

Mesti Baca

Tapanuli Tengah – Pawai obor keliling kampung tradisi sambut kedatangan bulan suci Ramadhan di Kelurahan Hajoran, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara pada Senin (20/3/2023) malam.

Ratusan warga Kampung Nelayan, Kelurahan Hajoran, Kecamatan Pandan, menggelar tradisi Niat Tahun sambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 hijriah, dengan membawa obor keliling kampung sambil melakukan zikir.

Tradisi pawai obor sambut bulan suci Ramadhan dilakukan dua hari menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, biasanya ratusan warga di Kecamatan Pandan baik anak-anak hingga orang dewasa menyiapkan diri dengan membawa obor.

Pawai obor dimulai dari pelataran Masjid Silaturahim Hajoran, Kelurahan Hajoran, usai Shalat Isya dan seorang muadzin mengumandangkan azan.

Setelah azan selesai, ribuan warga yang telah menyiapkan diri dengan membawa obor langsung berbaris menunggu aba-aba dari pemuka agama.

Dengan dikawal mobil polisi Polres Tapanuli Tengah, ribuan massa kemudian berjalan kaki dengan membawa obor sambil melakukan zikir berkeliling kampung.

Keesokan harinya, warga kemudian lakukan doa dan menyantuni anak yatim sambil membagi nasi berkat yang telah didoakan untuk diberikan kepada masyarakat dengan cara keliling kampung.

Menurut Solahuddin BKM Meajid Silaturahim, Kelurahan Hajoran, kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun yang sejak dulu dan dilaksanakan setiap tahunnya saat menyambut bulan suci Ramadhan, kegiatan pawai obor keliling kampung ditutup dengan doa, makan bersama dan menyantuni anak yatim.

Niat Tahun juga merupakan ajang silaturahmi antara warga, pemerintah serta pemangku agama, agar di bulan Ramadhan mereka diberi kesehatan serta kelancaran rezeki oleh yang maha kuasa Allah S.W.T.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading