Turki Dilanda Gempa Bumi Berkekuatan M 7,8

Mesti Baca

Gempa bumi M 7,8 dengan kedalaman 24,1 kilometer dari permukaan bumi guncang Turki bahagian Selatan pada Senin 6 Februari 2023, gempa mengakibatkan jatuhnya sejumlah korban jiwa hingga luka-luka.

Menurut laporan media setempat jumlah korban terus bertambah hingga kini tercatat ada 53 orang tewas.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan tim penyelamat untuk segera dikirimkan ke area-area terdampak gempa.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/2/2023), data terbaru yang dirilis para pejabat Turki menyebut sedikitnya 23 orang tewas di Provinsi Malatya, 17 orang lainnya tewas di Wilayah Urfa, 7 orang tewas di Osmaniye serta 6 orang tewas di Diyarbakir.

Jumlah korban tewas itu, menurut para pejabat Turki masih bisa bertambah karena adanya kerusakan berat akibat gempa bumi berkekuatan M 7,8.

Gempa susulan yang berkekuatan lebih kecil, yakni Magnitudo 6,7 mengguncang sekitar 11 menit setelah gempa pertama, gempa susulan itu tercatat berpusat di kedalaman lebih dangkal yaitu 9,9 kilometer dari permukaan bumi, dampak gempa susulan tersebut turut dirasakan di wilayah Turki bagian tengah.

Dinas Pemantauan pada pusat Seismologi Eropa-Mediterania secara terpisah menuturkan kepada Reuters bahwa pihaknya masih menaksir risiko Tsunami akibat gempa Turki 6 Februari 2023 itu.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading