Warga Labuhanbatu Budidayakan Tanaman Serai Wangi

Mesti Baca

Tanaman Serai Wangi kini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan di Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, selain mudah perawatannya tanaman Serai Wangi juga dapat menghasilkan cuan bagi masyarakat Labuhanbatu.

Serai Wangi atau Cymbopogon Nardus sejenis tumbuhan rumput rumputan yang memiliki tinggi hanya berkisar lima puluh hingga seratus sentimeter.

Tanaman Serai Wangi ternyata memiliki banyak manfaat, daun dan batang tanaman Serai Wangi mengandung Minyak Atsiri yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama Citronella Oil, di Kabupaten Labuhanbatu tanaman Serai Wangi kini telah dibudidayakan di lahan-lahan kosong.

Seperti di Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu, masyarakat di Kampung Dalam kini telah memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman Serai Wangi dari hasil tanaman Serai Wangi kini masyarakat Kampung Dalam mendapatkan sumber cuan baru.

Antusiasnya warga membudidayakan tanaman Serai Wangi kemudian dimanfaatkan oleh salah satu pengusaha muda di Labuhanbatu dengan membuat pabrik penyulingan tanaman Serai Wangi untuk diolah menjadi minyak Serai Wangi.  

Dari hasil usaha penyulingan tanaman Serai Wangi kini usahanya berjalan lancar, per bulannya kini ia berpenghasilan hingga jutaan rupiah.

Menurut Iwan pekerja, dari hasil bekerja di pabrik penyulingan minyak Serai Wangi dirinya kini berpenghasilan paling sedikit seratus lima puluh ribu rupiah per harinya.

Budiono pengusaha, usaha penyulingan minyak Serai Wangi berawal dari kepedulian melihat banyaknya lahan kosong yang tidak dipergunakan, bersama dengan warga ia pun kemudian berupaya menanam tanaman Serai Wangi, setelah melihat tumbuhan Serai Wangi sangat subur ia pun kemudian mendirikan pabrik penyulingan minyak Serai Wangi dan kini usaha minyak Serai Wangi sangat menguntungkan dan menjadi sumber cuan bagi dirinya dan masyarakat sekitar.

Saat ini minyak Serai Wangi hasil produksinya masih dipasarkan di sekitar Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan juga Labuhanbatu Utara dan diharapkan nantinya akan di pasarkan ke seluruh Indonesia.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading