Ikan Gamak Panganan Khas Negeri Lama Bertuah Labuhanbatu

Mesti Baca

Ikan Gamak bernama latin Engraulidae bertubuh kecil mirip dengan Ikan Teri yang hanya dapat dijumpai di aliran Sungai Bilah Negeri Lama Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, kini sangat diburu masyarakat Negeri Lama selain rasanya yang sangat lezat Ikan Gamak ini hanya muncul dua hingga tiga kali dalam setahun pada saat musim panen padi tiba.

Negeri Lama merupakan kota kecil di Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu yang dulunya dijadikan pusat kota Kesultanan Bilah salah satu Kesultanan Melayu tertua di Wilayah Sumatera Utara.

Negeri Lama juga disebut Kota Gamak nama sejenis ikan berukuran sangat kecil yang hanya ada di aliran Sungai Bilah Negeri Lama, Ikan Gamak muncul pada saat musim padi tiba dan menjadi makanan khas masyarakat Negeri Lama.

Ikan Gamak oleh masyarakat Negeri Lama biasanya diolah menjadi berbagai panganan yang sangat lezat seperti di pepes, dijadikan bakwan, peyek dan ada juga yang direbus dicampur dengan berbagai rempah.

Kemunculan Ikan Gamak biasanya ditandai dengan adanya rintik-rintik di atas permukaan air Sungai Bilah, masyarakat Negeri Lama yang merupakan masyarakat nelayan kemudian beramai-ramai membawa perahu menuju aliran Sungai Bilah untuk menangkap Ikan Gamak dengan menggunakan alat tanggok dan durung.

Dalam sehari bila musim Ikan Gamak tiba masyarakat mendapatkan Ikan Gamak lima hingga sepuluh mug kaleng susu yang dijual dengan harga per mug nya mencapai tiga puluh lima ribu rupiah.

Menurut Rustam nelayan, Ikan Gamak ini muncul pada saat musim padi tiba, saat Ikan Gamak tiba ia bersama puluhan warga lain dengan menggunakan perahu menyusuri Sungai Bilah untuk mencari Ikan Gamak, per harinya mereka bisa mendapatkan Ikan Gamak dua puluh hingga tiga puluh muk dijual dengan harga tiga puluh lima ribu rupiah per muk.

Fatmah peracik Ikan Gamak, Ikan Gamak merupakan salah satu panganan khas masyarakat Negeri Lama yang tidak dapat dijumpai di daerah lain, Ikan Gamak dapat diolah dengan cara merebus, dijadikan pepes, kemudian dijadikan bakwan dan peyek, agar citra rasa Ikan Gamak akan lebih lezat biasanya ditambahkan bumbu masakan seperti kunyit, kelapa kukur, jeruk nipis, cabai, bawang, daun kedondong, daun seledri dan daun pisang kemudian dibungkus dan setelah itu dipanggang.

Bila anda ingin menikmati kelezatan citra rasa Ikan Gamak khas Negeri Lama anda bisa mencobanya datang ke kampung Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir pada musim panen padi biasanya di bulan Januari.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading