Banjir Rendam Ribuan Rumah Warga Empat Kecamatan Di Langkat

Mesti Baca

Ribuan rumah empat kecamatan Kabupaten Langkat Sumatera Utara  terendam banjir ketinggian air di pemukiman warga mencapai satu meter sebahagian warga telah mengungsi ke lokasi yang lebih aman namun masih ada warga yang memilih bertahan di rumah akibat banjir aktivitas warga lumpuh total.

Curah hujan yang tinggi melanda Kabupaten Langkat sejak sepekan terakhir mengakibatkan sejumlah sungai di Kabupaten Langkat meluap hingga Minggu sore banjir masih merendam ribuan rumah warga di empat kecamatan, Kecamatan Besitang, Kecamatan Sei Lepan, Kecamatan Tanjung Pura serta Kecamatan  Hinai.

Kecamatan yang terparah terendam  banjir di Kecamatan Tanjung Pura  dan Kecamatan Hinai didua kecamatan ini sedikitnya seribu dua ratus  rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Seperti di Desa Cempa Kecamatan Hinai   ketinggian air di pemukiman mencapai satu meter  selain menggenangi ribuan rumah warga banjir  juga merendam ribuan hektar lahan pertanian serta jalan lintas antar desa  untuk beraktivitas warga terpaksa menggunakan perahu dan rakit yang terbuat dari batang pisang sebagian warga di desa ini telah mengungsi ke rumah sanak famili yang tidak terendam banjir.

Menurut Samila warga korban banjir,  banjir yang menerjang desa mereka terjadi sejak sepekan lalu dan kini semangkin parah ketinggian air telah mencapai satu meter lebih  dan ia pun terpaksa harus mengungsi ke rumah orang tuanya ia berharap pemerintah Kabupaten Langkat agar dapat segera menanggulangi banjir.  

Adi Sulaiman warga korban banjir, banjir diakibatkan meluapnya air Sungai Tanjung Pura dan adanya pasang air laut sehingga debit air terus meninggi akibat banjir warga beraktivitas terpaksa menggunakan perahu seperti mengantar anak sekolah.

Data sementara tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat di Kecamatan Besitang sebanyak tiga ratus delapan puluh satu rumah, Kecamatan Tanjung Pura sebanyak  delapan ratus tiga puluh delapan rumah, Kecamatan Hinai sebanyak empat ratus dua puluh sembilan  rumah sementara di Kecamatan Sei Lepan sebanyak empat puluh rumah.

Hingga saat ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat masih terus melakukan pemantauan dan telah memberikan bantuan bagi warga korban banjir.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading