Buah Cempedak Guling Raksasa Tanaman Unggulan Kota Binjai

Mesti Baca

Buah Cempedak Guling di Kota Binjai memiliki bobot mencapai dua puluh tiga kilogram dengan panjang satu meter, buah Cempedak Guling asal Kota Binjai Sumatera Utara ini kini menjadi tanaman unggulan tingkat nasional.

Cempedak merupakan  tanaman buah-buahan dari Famili Moraceace bentuk buah, rasa serta keharumannya seperti buah nangka,  tanaman cempedak berasal dari Asia Tenggara kemudian menyebar luas mulai Wilayah Tenasserim, Burma, Malaysia, Thailand dan sebagian Kepulauan Nusantara seperti Sumatra, Borneo, Jawa Barat, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua.

Buah cempedak biasanya berbentuk silinder sampai bulat dan memiliki  panjang lima belas centimeter hingga tiga puluh lima centimeter.

Di Kota Binjai tanaman pohon Cempedak Guling dari petani penangkar tanaman Kota Binjai mampu menghasilkan buah cempedak mencapai satu meter dan  memiliki bobot buah mencapai puluhan kilogram serta  memiliki rasa yang lezat dengan ketebalan buah yang berbeda dari buah cempedak pada umumnya.

Inilah buah Cempedak Guling yang memiliki nama latin Artocarpus Integer yang telah mendapatkan lisensi tanaman unggulan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Tanaman unggulan  Cempedak Guling ini merupakan  buah  cempedak raksasa dengan ukuran nyaris mencapai satu meter dan memiliki bobot mencapai dua puluh tiga  kilogram, cempedak raksasa ini hanya anda ditemui dari  petani penangkar  benih tanaman yang berada di Jalan Madura Lingkungan Tiga  Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai.

Selain memiliki tekstur ukuran dan bobot buah yang tergolong sangat fantastis,  buah cempedak yang isinya berwarna kuning ini  juga menawarkan kelezatan yang berbeda dari buah cempedak pada umumnya mulai dari  ketebalan  daging buah aroma yang harum menjadi primadona bagi penikmat buah Cempedak Guling.

Untuk mengkonsumsi Cempedak Guling asal Kota Binjai para pecinta cempedak dianjurkan untuk makan bersama sama minimal dengan sepuluh orang.

Menurut Pembinaan Penangkar Benih  Tanaman Kota Binjai Muhammad Arifin Nasution, nama dari  buah Cempedak Guling diberikan langsung oleh pihak Kementerian Pertanian Republik Indonesia, untuk menciptakan cempedak raksasa ini membutuhkan penelitian selama beberapa tahun,  buah Cempedak Guling asal Kota Binjai ini merupakan buah unggulan se Indonesia dan telah mendapatkan  sertifikasi benih yang diberikan ke petani asal  Kota Binjai dan selanjutnya tanaman ini sebagai tanaman percontohan di tanah air.

Sementara itu Amrial Nasution pemilik pohon cempedak  guling,    tanaman cempedak ini merupakan tanaman yang tergolong mudah cara perawatannya  hanya dengan memberikan pupuk kandang saja,  dalam satu pohon Cempedak Guling  miliknya dapat menghasilkan  ratusan buah dan buahnya tidak pernah putus.

Bila anda tertarik untuk menanam  pohon Cempedak Guling anda bisa datang langsung ke Jalan Madura Lingkungan Tiga  Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai   dan membeli bibitnya dengan merogoh kocek lima belas ribu rupiah hingga seratus ribu rupiah  dengan masa tanam yang berbeda.

Tanaman Cempedak Guling petani penangkar Kota  Binjai selain meiliki buah yang ukuran raksasa pohon cempedaknya terus menerus menghasilkan buah tanpa harus menunggu masa musim, proses tanam hingga panen hanya memakan waktu dua tahun anda sudah bisa mendapatkan hasil.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading