Bidan Di Pulau Terpencil Peraih Bidan Teladan Sumatera Utara 2022

Mesti Baca

Pengabdian yang tulus dan bekerja tanpa pamrih untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat di pulau terpencil Rosmaniar terpilih menjadi Bidan Teladan tingkat Sumatera Utara tahun 2022.

Rosmaniar Bidan di Desa Jaring Halus Kecamatan Secanggang Langkat ini patut diacungkan jempol dan pantas mendapatkan predikat Bidan Teladan, setiap harinya ia rela berjalan kaki keliling desa untuk memberi pelayanan kesehatan kepada warga yang membutuhkan bantuan.

Inilah Desa Jaring Halus salah satu desa di pulau terpencil di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat tempat Rosmaniar bertugas, desa yang memiliki luas delapan puluh empat  hektar persegi dikelilingi hutan mangrove dengan jumlah penduduk tiga ribu empat ratus jiwa.

Untuk tiba di Desa Jaring Halus   Rosmaniar harus menaiki perahu boat sewa selama satu jam, perjalanan berat ini dilakukan Rosminar sejak tahun 2013 silam hingga saat  ini.

Berbekal tekad dan keinginan yang keras untuk menjadikan warga desa agar tetap sehat dan kepedulian terhadap kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi Rosmaniar.

Sebelum Rosmaniar  bertugas di Desa Jaring Halus yang  hanya memiliki Puskesmas Pembantu dengan satu orang Bidan tingkat kematian bayi dan balita di desa ini cukup tinggi, persoalan kesehatan kebersihan dan layanan medis menjadi kendala utama bagi warga Desa Jaring Halus.  

Rasa iba akan kondisi kesehatan warga desa Rosmaniar pun harus bekerja ekstra ketat ia siaga selama dua puluh empat jam untuk membantu warga mulai dari warga yang sakit hingga warga yang akan melahirkan, bahkan membawa warga yang sedang sakit di tengah malam untuk dibawa ke Rumah Sakit terdekat pada tengah malam menggunakan perahu.

Bertekad untuk memulihkan kesehatan masyarakat Desa Jaring Halus yang sangat tertinggal berbagai kegiatan dilakukan guna memberikan pelayanan kesehatan dan mengajak warga desa agar peduli kesehatan mulai dari pelayanan KB, pemeriksaan ibu hamil, kunjungan nifas kelas ibu hamil, pemeriksaan anak yang mengidap stunting, vaksinasi serta imunisasi ia juga memberikan obat cacing ke sekolah sekolah dan melayani pasangan yang akan menikah agar kedua pasangan mendapatkan kesehatan yang maksimal.

Sembilan tahun mengabdi kini di Desa Jaring Halus tidak ada lagi ditemukan  adanya bayi dan balita yang menderita sakit dan kekurangan gizi.

Menurut Rosmaniar Bidan Desa, baginya kesehatan warga Desa Jaring Halus adalah segalanya kini dirinya merasa puas tingkat kematian bayi dan balita jauh berkurang bahkan nyaris tidak ada, untuk menjaga kesehatan warga desa yang mayoritas nelayan ia siap dipanggil kerumah walau malam hari dan dalam kondisi hujan, ia pun harus berjalan kaki dari rumah ke rumah untuk memeriksa kondisi kesehatan warganya.

Kerja keras dan dedikasi yang tinggi akhirnya mengantarkan Rosmaniar sebagai Bidan Teladan Tingkat Sumatera Utara tahun 2022, kegigihan Rosmaniar hendaknya menjadi contoh bagi Bidan bidan lainnya di tanah air.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading