Jelang Perayaan HUT Ukraina Zelenskyy Minta Warga Waspadai Serangan Rusia

Mesti Baca

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan seluruh warganya mewaspadai serangan Rusia yang lebih ‘kejam’ dalam beberapa hari ke depan, mengingat pada 24 Agustus Ukraina akan memperingati hari kemerdekaan mereka ke-31.

Ibu Kota Kyiv telah melarang masyarakat berkumpul di ruang publik mulai hari ini Senin (22/8/2022) sampai Kamis (25/8/2022), sementara itu di Kharkiv pemerintah setempat juga memberlakukan jam malam pada peringatan hari kemerdekaan Ukraina.

“Rusia bisa melakukan sesuatu yang sangat menjijikkan, sangat kejam,” kata Zelensky dalam pidatonya, Sabtu malam, sebagaimana dikutip dari AFP, Minggu (21/8/2022).

“Salah satu tujuan utama musuh adalah mempermalukan kita dan menabur kesedihan, ketakutan, serta konflik, tapi kita harus cukup kuat untuk melawan semua provokasi itu dan membuat para penjajah membayar teror mereka,” ujarnya menambahkan.

Hari kemerdekaan Ukraina pada Rabu (24/8/2022) juga diduga bakal menandai invasi lanjutan Rusia ke negara bekas pecahan Republik Soviet itu.

Isu beredar bahwa pada 24 Agustus 2022 nanti Rusia akan membawa para tentara Ukraina yang ditangkap selama penyerbuan Mariupol di pengadilan publik.

Penasihat Presiden Mykhaylo Podolyak mengatakan bahwa Rusia bisa saja meningkatkan intensitas pengeboman mereka dalam beberapa hari ke depan.

“Rusia adalah negara kuno yang sering menghubungkan tindakannya dengan tanggal tertentu, itu semacam obsesi,” kata Mykhaylo.

“Mereka membenci kami dan akan mencoba meningkatkan jumlah pengeboman di kota-kota kami, termasuk Kyiv dengan rudal,” ujarnya.

Gubernur Kharkiv Oleg Synegubov juga telah mengumumkan pemberlakuan jam malam mulai 23 hingga 25 Agustus 2022.

“Kami tidak akan membiarkan provokasi apapun oleh musuh, tetaplah waspada selama libur kemerdekaan,” tulis Oleg dalam telegram.

Kota Kharkiv menjadi sasaran bombardir Rusia dalam beberapa pekan terakhir, dari laporan terakhir seorang perempuan tewas dan dua warga sipil lainnya terluka akibat serangan Sabtu malam, sementara empat warga sipil dilaporkan tewas ditembak di Donetsk.

Kemudian lima rudal jelajah ditembakkan ke wilayah Odessa dari Laut Hitam dua ditembak jatuh pertahanan udara dan tiga lainnya mengenai peluncur silo tanpa menyebabkan korban luka.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, tentara Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia saat ini telah menduduki sebagian kota Blagodatne di Wilayah Mykolaiv Selatan.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading