Spanduk Raksasa Di Atas Permukaan Air Danau Toba Desak W20 Melindungi Hak Perempuan Adat

Mesti Baca

Merasa kecewa berlangsungnya W20 yang tidak memperhatikan kerusakan lingkungan di kawasan Danau Toba puluhan aktivis bentangkan spanduk raksasa di permukaan air Danau Toba.

Perhelatan Women 20 yang sedang berjalan di Caldera Toba diwarnai dengan aksi protes dari sejumlah aktivis dan para perempuan pedesaan.

Puluhan aktivis membentangkan spanduk raksasa yang bertuliskan Perempuan Sumatera Utara Lawan Deforestasi dengan mengapung diatas permukaan air Danau Toba saat berlangsung nya W20 di Caldera di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara Rabu siang. 

Pembentangan spanduk yang dilakukan sebagai bukti rasa kekecewaan mereka terhadap W20 yang tidak memperhatikan kerusakan lingkungan di kawasan Danau Toba.

Aksi ini dilakukan untuk menyampaikan aspirasi kepada pertemuan Woman 20 Summit yang mengedepankan isu kesetaraan dan diskriminasi gender ekonomi inklusif perempuan marjinal dan kesehatan.

Para aktivis juga  meminta kepada pemerintah agar mencabut izin perusahaan PT. TPL dan menghentikan aktivitasnya   kedaulatan pangan bukan food estate serta  seve hutan adat.

Menurut Sekar Banjar Aji Aktivis Perempuan Danau Toba Women 20 seharusnya membuming dan  sadar  apa permasalahan perempuan struktural di sekitarnya dimana perempuan adat Danau Toba masih banyak diselimuti berbagai masalah salah satu nya deforestasi hilangnya ruang hidup perempuan hilangnya tanah adat mereka serta hilang nya hutan mereka akibat pembangunan yang serampangan.

Dengan gerakan ini diharapkan Women 20 dapat melihat kondisi riil yang sebenarnya adanya perusahaan yang mengeksploitasi sumber daya alam di sekitar kawasan Danau Toba tanpa memikirkan kesejahteraan dan juga keberlanjutan kehidupan bagi kaum perempuan Danau Toba serta  jangan hanya melihat dari keindahan alam Danau Toba tapi lihatlah kemiskinan yang struktural yang dialami kaum perempuan di kawasan Danau Toba maupun di Sumatera Utara.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading