Ukraina Bantah Titip Pesan Ke Putin Lewat Jokowi?

Mesti Baca

Serhii Nikiforov Sekretaris Pers Istana Kepresidenan Ukraina mengungkapkan isi pembicaraan Volodymyr Zelenskyy dengan Jokowi.

Pihak Ukraina membantah menitipkan pesan melalui Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal ini diungkapkannya pada media Ukraina yang kemudian juga diberitakan oleh media Rusia.

Serhii Nikiforov mengatakan Zelenskyy dan Jokowi membicarakan soal impor biji-bijian yang terimbas blokade pelabuhan oleh Rusia.
Dirinya menyebutkan, Indonesia adalah salah satu negara pengimpor terbesar biji-bijian dari Ukraina.

Diketahui Jokowi ke Ukraina pada Rabu 29 Juni 2022 dan dalam pertemuan itu dirinya menawarkan diri kepada Zelenskyy jika ingin menitipkan pesan ke Putin, yang rencananya akan ia kunjungi keesokan harinya.

Kemudian saat Jokowi di Rusia, Presiden Indonesia tersebut mengatakan bahwa ia sudah menyampaikan pesan Zelenskyy ke Putin.

Dihari berikutnya, Juru Bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov pada Jumat 1 Juli 2022, mengonfirmasi bahwa ada pesan dari Zelenskyy untuk Putin, tetapi tidak tertulis.

Namun, Serhii Nikiforov Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina berujar, jika memang Zelenskyy ingin mengucapkan sesuatu ke Putin, dia akan melakukannya secara terbuka dalam pidato harian.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, topik pembicaraan utama saat Jokowi ke Ukraina adalah blokade pelabuhan Ukraina yang membuat ekspor biji-bijian terganggu.

Nikiforov juga menambahkan, Rusia bertanggung jawab atas terganggunya ekspor biji-bijian Ukraina itu ke Indonesia, begitu pun dengan wilayah lain di dunia.

Inilah yang dibicarakan Zelensky secara rinci dengan Joko Widodo.

Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading