Lemang Srikaya Menu Andalan Buka Puasa

Mesti Baca

Berbuka puasa di bulan Ramadhan memang selalu identik dengan menu-menu yang khas, salah satu di antaranya adalah Lemang Srikaya. Menu ini menjadi andalan berbuka puasa warga Mandailing di kota Medan Sumatera Utara.

Salah satu penjual Lemang Srikaya ini ada di jalan Flamboyan Raya Medan, setiap harinya terus dibanjiri pembeli. Per harinya sekitar seratus batang Lemang ludes terjual.

Ini merupakan salah satu kuliner khas Mandailing, Lemang berbahan baku beras ketan dicampur santan yang di santap dengan olesan Srikaya dengan cita rasa lemak bercampur manis menjadi andalan saat berbuka puasa.

Dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat Lemang, beras ketan yang telah dicampur santan dimasukkan kedalam tabung bambu yang telah dilapisi daun pisang kemudian dibakar diatas bara api.

Setelah seluruh permukaan Lemang matang, Lemang pun siap diangkat dan dikeluarkan dari dalam tabung bambu, kemudian dipotong potong untuk menambah kelezatan biasanya Lemang disantap dengan campuran Srikaya.

Menurut Muhammad Nur Salim Lubis dalam sehari warungnya mampu menjual 150 batang Lemang atau setara dengan 50 kilogram beras ketan, per batang lemang dibandrol seharga 35 ribu rupiah plus dengan Srikayanya.

Di bulan Ramadhan Lemang Srikaya menjadi panganan favorit untuk berbuka puasa, selain memiliki cita rasa yang sangat lezat makanan ini juga mengandung lemak dan tidak mengganggu pencernaan saat berpuasa.

Jangan Lupa Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading