Warga Kampung Baru Normalisasi Parit

Mesti Baca

MEDAN, Waspada News TV – Mencegah terjadinya banjir akibat tak berfungsinya saluran drainase, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun mengajak warga bergotong royong membersihkan dan menormalisasi parit di lingkungannya.

Lurah Kampung Baru, Indra Siregar SE, saat ditemui di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Gang Melur, Lingkungan VII, Kamis (24/3) meninjau kegiatan gotong royong menjelaskan masyarakat berhak turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Selain untuk kesehatan, juga sebagai solusi pencegahan banjir akibat tak berfungsinya saluran drainase.

“Gerakan gotong royong diharapkan mampu menjadi solusi untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan mengurangi resiko banjir berkepanjangan. Apalagi di saat sekarang ini curah hujan masih sangat tinggi dan terkadang tak tertampung di parit yang ada di lingkungan tempat tinggal warga,” jelasnya.

Ditambahkan Indra Siregar, pihaknya akan terus mengebut pelaksanaan normalisasi drainase, yang dinilai sebagai salah satu solusi meminimisir terjadinya banjir berkepanjangan apabila turun hujan dengan intensitas yang cukup tinggi di Kota Medan.

“Kami gerakkan gotongroyong supaya normalisasi drainase bisa cepat dikerjakan walaupun untuk peralatan yang digunakan milik seksi sarana dan prasarana kecamatan Medan Maimun. Untuk itu, kami juga mengimbau dan mengajak warga untuk turut serta dalam kegiatan ini. Karena kebersihan lingkungan bukan semata tugas pemerintah tapi merupakan tanggung jawab seluruh warga,” harapnya.

Untuk itu, Indra Siregar kembali menegaskan pihaknya akan melaksanakan gotong royong secara serentak di semua lingkungan yang ada di wilayah Kelurahan Kampung Baru dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kecamatan Medan Maimun, Willy Habib Berutu, didampingi Ketua Tim 1 Petugas Pemelihara Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Maimun, Ir Ikhwan menyatakan timnya siap berkolaborasi dalam menjalankan program normalisasi di kawasan Kelurahan Kampung Baru.

“Kapan saja masyarakat meminta, kami siap bekerjasama untuk membersihkan lingkungan dan menormalisasi drainase untuk pencegahan terjadinya banjir,” tegasnya.

Senada dengan Lurah Kampung Baru, Willy Habib Berutu juga mengimbau masyakarat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan, khususnya di lokasi tempat tinggalnya.

Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan dan normalisasi saluran parit ini sendiri mendapat apresiasi dari warga Gang Melur, Lingkungan VII, Kelurahan Kampung Baru. Warga menilai aksi gerak cepat yang dilakukan pihak kelurahan yang berkolaborasi dengan kecamatan dan warga, dalam menjaga kebersihan lingkungan, menjadi solusi awal untuk penanggulangan banjir yang kerap terjadi apabila turun hujan dengan intensitas tinggi.

“Warga jelas mendukung kegiatan yang dampaknya bisa dirasakan langsung oleh warga, seperti gotong royong ini. Kita berharap agar kegiatan ini bisa berkesinambungan dilaksanakan untuk mencegah terjadinya banjir,” tegas seorang warga, Sahrial Harahap. (id)

Block title

- Advertisement - spot_img

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading