Teri Sibolga Oleh-Oleh Khas Sumut Yang Terus Diburu

Mesti Baca

Ikan Teri merupakan salah satu boga bahari yang umum ditemukan di kawasan pantai samudera Atlantik Hindia dan Pasifik, ikan yang selalu bergerombol ini banyak mengandung omega tiga serta fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh terutama pada masa pertumbuhan anak.

Di Sumatera Utara ikan Teri ini sangat mudah ditemui di pinggir pantai kabupaten Tapanuli Tengah dan dimanfaatkan masyarakat sebagai mata pencaharian tersendiri seperti di kelurahan Hajoran kecamatan Pandan, masyarakat di kelurahan ini umumnya berprofesi nelayan khusus penangkap ikan Teri menggunakan bagan tancap.

Karena kepopulerannya sebagai santapan sehari-hari harga ikan Teri mencapai 100.000 rupiah per kilogram, di pasar tradisional Pandan kabupaten Tapanuli Tengah pembeli yang didominasi ibu-ibu silih berganti membeli ikan Teri di warung ikan kering yang terletak di jalan Padang Sidimpuan km 10 Pandan.

Salah satu pembeli mengatakan alasannya memilih ikan Teri sebagai menu masakannya karena ikan Teri tahan lama disimpan serta rasanya manis dan gurih.

Sementara bu Nia sengaja membeli ikan Teri sebagai oleh oleh khas Sibolga untuk anaknya yang tinggal di Medan.

Banyaknya penggemar Teri Sibolga diakui para pedagang ikan kering di Pandan ada beberapa jenis ikan Teri yang dipasarkan di sini dengan harrga bervariasi, untuk tri rebus bisanya satu kilogram 80.000 rupiah ikan Teri tawar dan bunga bisa mencapai 95.000 hingga 100.000 rupiah per kilogram.

Ia pun mengakui pembelinya adalah masyarat lokal dan pedatang dari luar kota untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Sibolga Tapanuli Tengah dalam bentuk paket yang di bandrol harganya mulai 100.000 hingga 300.000 rupiah sesuai dengan permintaan pelanggan.

Nah jika anda berkunjung ke Sibolga atau kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara anda boleh mencoba oleh oleh khas yang banyak diburu pembeli ini.

Jangan Lupa Kunjungi Channel YouTube Waspada News TV Untuk Berita Menarik Lainnya.

Block title

- Advertisement - spot_img

2 COMMENTS

Leave a Reply

- Advertisement - spot_img

Berita Baru

Discover more from WASPADANEWS.TV

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading